Pelatihan Hiperkes | Sertifikasi KEMNAKER

LATAR BELAKANG

Hiperkes adalah ilmu kesehatan dan keselamatan kerja yang mengurusi problematik kesehatan dan keselamatan pekerja secara menyeluruh. Menyeluruh memiliki maksud bahwa setiap perusahaan melalui organisasinya harus berperan proaktif dalam menyelenggarakan usaha-usaha preventif untuk menyelesaikan segala masalah kesehatan dilingkungan kerja, mengidentifikasi dan mengendalikan potensi bahaya yang ada selain untuk mencegah Penyakit Akibat Kerja (PAK) serta memantau pelaksanaan program K3 lainnya.

Pentingnya sertifikasi kesehatan kerja atau hiperkes bagi dokter dan perawat perusahaan diatur pemerintah melalui PERMENAKERTRANS No. 01 tahun 1976 tentang Wajib Latih Hiperkes bagi dokter perusahaan dan PERMENAKERTRANS No. 01 tahun 1979 tentang wajib Latih Hiperkes bagi paramedis ( Perawat dan Bidan) perusahaan.

GlobalTraining.ID sebagai bagian dari PT. Prodev Bisnis Global, menyelenggarakan Pelatihan Hiperkes sesuai dengan Surat keputusan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan KEMNAKER R.I..

DASAR PELAKSANAAN

  1. UU No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja
  2. Permenaker No.Per.01/MEN/1976 Tentang Wajib Pelatihan Hiperkes bagi Dokter Perusahaan.
  3. Permenaker No.Per.01/MEN/ 1979 Tentang Wajib Pelatihan Hiperkes bagi Paramedis Perusahaan.
  4. Permenaker No. Per. 02/MEN/1980 tentang Pemeriksaan Kesehatan Kerja.
  5. Permenaker No. Per. 03/MEN/1982 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Kerja.
  6. Permenaker No.Per. 50/MEN/2012 tentang SMK3.
  7. Kepmenakertrans No. Per. 07/MEN/IV/2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT di lingkungan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Program Pelatihan Hiperkes dan Keselamatan Kerja Bagi Dokter & Paramedis Perusahaan dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dokter & paramedis perusahaan dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja, peraturan perundangan K3, serta upaya – upaya yang dapat dilakukan dalam rangka mengurangi angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, terkait tugas pokok dan fungsinya sebagai personil pelayananan kesehatan kerja.
  2. Membantu perusahaan dalam upaya memenuhi peraturan perundangan K3 yang berlaku, khususnya kaitannya dengan wajib Pelatihan Hiperkes & Keselamatan Kerja bagi dokter & paramedis perusahaan dan pemeriksaan kesehatan tenaga kerja dalam upaya K3.
PESERTA PELATIHAN
  1. Pelatihan Hyperkes dan KK bagi Dokter Perusahaan dikhususkan bagi peserta dengan latar belakang pendidikan dokter, minimal S1 Kedokteran Umum.
  2. Pelatihan Hyperkes dan KK bagi Paramedis Perusahaan dikhususkan bagi peserta dengan latar belakang pendidikan perawat dan bidan.
MATERI PELATIHAN
  1. Peraturan perundang-undangan kesehatan kerja
  2. Dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  3. Hazards Fisik, biologi, kimia, psikologi dan ergonomi
  4. Penyakit akibat kerja
  5. SMK3 dan Sistem Manajemen K3
  6. Sanitasi Industri
  7. Pelaporan kesehatan kerja
  8. Gizi Kerja dan Produktifitas kerja
  9. Toxikologi Industri
  10. Higyene Industri, termasuk Pengelolaan limbah
  11. Program Jamsostek

SERTIFIKASI

Sertifikat Hiperkes dikeluarkan oleh Pusat K3 (Depnakertrans) Jakarta, akan diberikan kepada mereka yang lulus ujian dengan nilai minimal 60%, paling lambat 1 bulan setelah pelatihan.

PERSYARATAN UMUM

  • Photocopy 2 rangkap pendidikan akhir minimal D3 Umum atau SLTA dengan jurusan Perawat / Kesehatan
  • Pas Photo 3×4 4 pcs background merah
  • Pas Photo 4×6 4 pcs background merah
  • Curriculum Vitae
Booking ended